A. Latar
belakang
Konsep menjual di
internet sebenarnya tak ubahnya dengan bisnis offline (konvensional) seperti
pada umumnya, yakni Anda bisa menjual apapun macam dan jenis produk yang ada di
dunia offline. Perbedaan paling kentara di sini adalah bisnis internet
ditunjang dengan media komunikasi bernama internet yang memungkinkan orang bisa
berinteraksi di seluruh dunia walau tanpa bertatap muka sehingga pangsa pasar
tidak dibatasi oleh wilayah dan waktu. Namun mungkin fikiran kita selama ini
“tercemari” oleh iklan-iklan yang beredar di internet, terutama yang sering
kita jumpai di situs-situs lokal, bahwa bisnis internet itu hanya jualan ebook
ataupun produk-produk digital sejenis sehingga mempengaruhi pola pikir
seseorang dan membuat kesan yang bisa dijual di internet hanya itu-itu saja.
Memang kita tidak dapat menyangkal bahwa untuk urusan internet
marketing Indonesia adalah negara paling ramai sedunia dalam
keyword tersebut, ini menunjukkan peminat pola pemasaran ini begitu besar di
negeri ini yang memang berpenduduk besar. Dan juga peminat produk-produk
demikian memang banyak, apalagi topiknya seputar make money online.
Selain itu, memasarkan produk-produk digital memang tidak membutuhkan biaya
marketing yang besar karena tidak terpotong biaya transportasi dan segala hal
yang membebani. Meskipun begitu, saya yakin di tahun-tahun mendatang Indonesia
akan memunculkan program dan produk berkualitas yang lebih beragam dan
berkualitas.
B. Pembahasan
B.1 Definisi
Internet Marketing atau e-marketing adalah
segala usaha yang dilakukan untuk melakukan marketing suatu produk atau jasa melalui
atau menggunakan media Internet atau jaringan www.
Kata e dalam e-marketing ini berarti elektronik (electronic) yang artinya
kegiatan marketing yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet
atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun
ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya:
e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang beranggapan bahwa
marketing Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di
Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan
bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang
dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk
orang-orang tertentu saja.
Kegiatan marketing Internet umumnya
meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk
periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat
marketing atau copywriting.
Marketing internet atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan
desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi
perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail),
periklanan lewat e-surat (email advertising), marketing afiliasi (affiliate
marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.
B.2 Langkah Memulai Internet Marketing:
• Kuatkan niat untuk memulai bisnis internet.
Bisnis internet adalah bisnis nyata yang benar-benar bisa menjadikan seseorang kaya. Internet marketing bukan bisnis murahan yang bisa dijalankan dengan niat “coba-coba”. Untuk sukses di bisnis apapun, niat anda harus kuat untuk memulainya agar bisa sukses. Bisnis internet sama dengan bisnis konvensional yang membutuhkan modal, usaha, dan kerja keras agar sukses. Jika anda hanya ingin “coba-coba” di bisnis internet, saya sarankan anda menunda dulu keinginan anda untuk berbisnis karena mustahil bagi anda untuk sukses jika niat anda hanya “coba-coba”.
• Tanamkan mental untuk mau bekerja keras dan cerdas.
Orang yang sudah sukses saja masih bekerja keras, maka kita juga harus lebih bekerja keras.
Selain bekerja keras, juga harus bekerja cerdas yaitu harus pandai membaca situasi dalam melakukan internet marketing. Sebab bisnis internet, dalam melakukan investasi saja sedikit uang kita dapat belajar mempercerdaskan diri kita dalam bisnis ini. Karena setiap uang, usaha, dan tenaga yang anda keluarkan untuk belajar pasti anda akan menuai hasilnya di kemudian hari.
• Buatlah blog.
Karena dengan membuat blog kita bisa mulai memperkenalkan diri kita kepada para netter lain yang ada di internet. Konsumen dari bisnis internet tentunya adalah para pengguna internet. Jika kita memiliki banyak teman dan relasi online, maka bisnis internet kita pun akan lancar dan memiliki bayak konsumen.
Kesuksesan sebuah dalam internet marketing tergantung dari berbagai faktor, yaitu:
*) Promosi online: Sebelum melakukan promosi online, alangkah baiknya kita mengidentifikasi diri kita sendiri. Untuk mengetahui sampai dimana kelebihan dan kekurangan kita, supaya kita bisa memperbaiki kelemahan kita menjadi kelebihan agar nantinya pada saat kita masuk ke dunia internet marketing kita bisa berhasil. dan Promosi online merupakan kunci sebuah web yang akan banyak dikenal dan dikunjung oleh pengguna Internet.
*) Isi: Isi sebuah web juga harus bisa membawa pengunjung bisa menikmatinya. Berikan hal-hal yang membuat pengunjung sedikit pro aktif, misalnya berikan fasilitas forum, survei atau hal lain yang sifatnya menarik pengunjung.
*) Desain web: Sebuah web harus kelihatan menarik. Selain itu harus sesuai dengan tujuan Web itu dibangun. Materi yang ada dalam web sebaiknya tidak membingungkan, navigasinya jelas dan prosedurnya tidak berbelit-berbelit. Di samping itu faktor loading juga harus diperhatikan, karena hal ini akan sangat berpengaruh. Jika sebuah web mempunyai waktu loading yang lama, maka bukan mustahil pengguna ataupun pengunjung internet akan meninggalkan web kita. Jelas kondisi semacam ini akan membuat rugi perusahaan yang webnya diakses. Namun sebaliknya, jika proses loading cepat, maka pengunjung akan merasa betah apalagi ditunjang dengan tampilan web yang menarik dan tidak membosankan.
• Kuatkan niat untuk memulai bisnis internet.
Bisnis internet adalah bisnis nyata yang benar-benar bisa menjadikan seseorang kaya. Internet marketing bukan bisnis murahan yang bisa dijalankan dengan niat “coba-coba”. Untuk sukses di bisnis apapun, niat anda harus kuat untuk memulainya agar bisa sukses. Bisnis internet sama dengan bisnis konvensional yang membutuhkan modal, usaha, dan kerja keras agar sukses. Jika anda hanya ingin “coba-coba” di bisnis internet, saya sarankan anda menunda dulu keinginan anda untuk berbisnis karena mustahil bagi anda untuk sukses jika niat anda hanya “coba-coba”.
• Tanamkan mental untuk mau bekerja keras dan cerdas.
Orang yang sudah sukses saja masih bekerja keras, maka kita juga harus lebih bekerja keras.
Selain bekerja keras, juga harus bekerja cerdas yaitu harus pandai membaca situasi dalam melakukan internet marketing. Sebab bisnis internet, dalam melakukan investasi saja sedikit uang kita dapat belajar mempercerdaskan diri kita dalam bisnis ini. Karena setiap uang, usaha, dan tenaga yang anda keluarkan untuk belajar pasti anda akan menuai hasilnya di kemudian hari.
• Buatlah blog.
Karena dengan membuat blog kita bisa mulai memperkenalkan diri kita kepada para netter lain yang ada di internet. Konsumen dari bisnis internet tentunya adalah para pengguna internet. Jika kita memiliki banyak teman dan relasi online, maka bisnis internet kita pun akan lancar dan memiliki bayak konsumen.
Kesuksesan sebuah dalam internet marketing tergantung dari berbagai faktor, yaitu:
*) Promosi online: Sebelum melakukan promosi online, alangkah baiknya kita mengidentifikasi diri kita sendiri. Untuk mengetahui sampai dimana kelebihan dan kekurangan kita, supaya kita bisa memperbaiki kelemahan kita menjadi kelebihan agar nantinya pada saat kita masuk ke dunia internet marketing kita bisa berhasil. dan Promosi online merupakan kunci sebuah web yang akan banyak dikenal dan dikunjung oleh pengguna Internet.
*) Isi: Isi sebuah web juga harus bisa membawa pengunjung bisa menikmatinya. Berikan hal-hal yang membuat pengunjung sedikit pro aktif, misalnya berikan fasilitas forum, survei atau hal lain yang sifatnya menarik pengunjung.
*) Desain web: Sebuah web harus kelihatan menarik. Selain itu harus sesuai dengan tujuan Web itu dibangun. Materi yang ada dalam web sebaiknya tidak membingungkan, navigasinya jelas dan prosedurnya tidak berbelit-berbelit. Di samping itu faktor loading juga harus diperhatikan, karena hal ini akan sangat berpengaruh. Jika sebuah web mempunyai waktu loading yang lama, maka bukan mustahil pengguna ataupun pengunjung internet akan meninggalkan web kita. Jelas kondisi semacam ini akan membuat rugi perusahaan yang webnya diakses. Namun sebaliknya, jika proses loading cepat, maka pengunjung akan merasa betah apalagi ditunjang dengan tampilan web yang menarik dan tidak membosankan.
B.3 Strategi e-marketing
Berikut adalah beberapa strategi
marketing yang biasa di gunakan dalam melakukan e- marketing :
• Banner
Advertisement (iklan melalui banner)
Adalah file grafis (dengan beberapa ukuran yang di beri
satuan pixels) yang dipasangkan pada website penyedia
iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website
anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon
pembeli yang akan membeli produk anda.
• Sponsorship
Anda bisa melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon
pembeli, sama dengan tujuan poin di atas.
• Classified
Listings (daftar produk terklasifikasi)
Seperti halnya pada klasifikasi di surat kabar, klasifikasi
online ini merupakan cara yang sangat baik untuk memasang bisnis anda di
depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari
klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari
produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis
data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti dihttp://www.ebay.com.
• Email
Marketing (pemasaran melalui email)
Pada email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email
newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari
perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah caran
yang sangat dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda.
Cara kedua adalah, dengan secara langsung mendistribusikan
email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun
dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan
tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang
terbaik terhadap produk anda. Tapi ingat, anda tidak boleh melakukan spam. Cara
ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber pada situs anda.
Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda,
maka setiap kali anda melakukan update atau posting artikel maupun produk di
website tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan
isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.
• Partnership /
Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi)
Para pengiklan yang menjual produknya secara online dapat
membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan
produk. Contoh website yang menerapkan sistem afiliasi ini adalahhttp://www.amazon.com.
• Search Engine
Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari)
Hampir semua pengguna internet mencari informasi melalui
search engine seperti Google dan Yahoo. Kebanyakan orang yang tidak tahu di
mana harus mencari dan mendapatkan informasi mereka mencarinya di situs mesin
pencari tersebut. Oleh karena itu, jika perusahaan anda belum dikenali publik
atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling dahsyat yang anda lakukan
adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan terlampir di mesin-mesin pencari
tersebut.
Sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa situs anda
terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti yang tersebut di
atas. Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda terindeks pada mesin
pencari tersebut yang dikenal dengan Search Engine Optimization. Contontohnya
adalah jika anda mengetikkan kata “Pengusaha Online”
pada google maka blog ini (pengusahaonline.net) akan menempati urutan
pertama. Atau paling tidak berapada pada halaman pertama.
• Social
Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial)
Beberapa situs social networking seperti Facebook,
Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp dapat anda gunakan sebagai
senjata eMarketing anda. Beberapa situs social network yang mengijinkan
menyertakan audio atau video klip antara lain: www.YouTube.com,www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.Grouper.com.
B.4 Etika Bisnis dalam
Internet marketing
Dalam menjalankan bisnis internet, etika merupakan kunci yang
harus tetap dijaga walau tidak bertemu orang secara langsung, ini demi menjaga
hubungan yang baik antara penjual dan pembeli sehingga internet marketing yang kita lakukan akan berjalan
awet tanpa merasa dirugikan antara pihak satu dengan yang lain.
Berikut beberpa point penting etika
yang harus dimiliki oleh pebisnis Internet:
ü
Jujur
Kejujuran merupakan sikap yang harus
di punyai oleh setiap pebisnis internet. Siapapun tahu kalu di UU negara dan
agama sangat menjunjung tinggi yang namanya kejujuran.
Jujur dalam bisnis internet bisa
meliputi apa saja yang disampaikan, seperti pembuatan sales
letter yang sesuai dengan konten, sebab selama ini banyak
pengaduan-pengaduan yang menyatakan banyaknya penjual ebook yang hanya menjual
mimpi setinggi langit tapi konten yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang
dijanjikan.
Tentu saja ini membuat konsumen
kecewa dan berang yang pada akhirnya hanya merugikan penjual ebook itu sendiri
karena pembeli yang merasa tertipu tadi bercerita keberbagai forum yang isinya
tentu saja menjatuhkan si pemilik produk.
Atau jika sebagai pemasar
(affiliate) tidak mengada-ngada ketika merekomendasikan suatu produk yang bisa
menjerumuskan orang terhadap info yang diberikan dan lain sebagainya.
Jika sikap jujur ini telah
benar-benar dilaksanakan, maka akan tumbuh yang namanya sikap saling percaya dan
tentu saja akan menguntungkan semua pihak, bahkan lawanpun menjadi kawan.
ü
Tanggung Jawab
Sebagai pengelola maupun pemilik
jasa suatu layanan, tanggung jawab merupakan sikap yang wajib dimiliki. Karena
ini menyangkut kredibilitas kita juga melibatkan kepuasan konsumen.
Semakin kita cepat dan tanggap dalam
memberikan respon yang diadukan pelanggan semakin konsumen merasa puas dengan
service yang kita berikan.
Jika pelanggan telah puas dengan
layanan yang kita berikan, mereka akan berbicara kesana-kemari dan
merekomendasikan produk maupun jasa kita, dan pada akhirnya sikap tanggung
jawab tersebut akan menguntungkan pada diri kita sendiri sebagai pengelola.
ü
Sabar
Kadangkala sesuatu yang kita
inginkan belum tercapai, kita keburu berbuat tindakan penyelewengan (nekat)
yang melanggar aturan. Contoh kecil jika kita mengikuti progam bisnis
gratis PPC (pay per click), karena tidak kunjung mendapatkan trafik
dan minimnya orang yang mengklik iklan yang kita sediakan, iklan tersebut malah
kita klik sendiri.
Selain merugikan orang lain lain
juga merugikan diri kita sendiri, karena account akan dibanned dan kita sebagaipublisher dikeluarkan
dari program tersebut
Memang tidak mudah menjadi pebisnis
internet, dibutuhkan sikap sabar dan ketekunan dalam menghadapi
situasi sesulit apapun, karena apapun bentuk suatu pekerjaan jika tidak
dilandasi sikap sabar maka niscaya hasilnya tidak akan memuaskan.
Sebuah kalimat kata yang sangat
menarik, ” Kadar kesungguhan seseorang sebanding dengan hasil yang ia dapatkan.
Semakin tinggi tingkat usahanya semakin besar hasil yang didapat, sebaliknya
semakin rendah usaha seseorang maka hasilnyapun juga akan rendah”
B. 5 Manfaat Dari Internet Marketing
Memungkinkan seseorang untuk menampilkan jasa atau produk mereka kepada jutaan calon pembeli dan para pengambil keputusan di seluruh dunia. mencapai ini hanya mungkin melalui internet marketing. Akses ke pasar global adalah keuntungan besar bagi penjual. Orang-orang telah menjadi lebih cerdas, dan mereka menyadari manfaat dari kerumitan pengalaman belanja gratis. Ini ditawarkan oleh belanja online, sehingga membuat pilihan yang sempurna massa. Orang-orang lebih memilih internet marketing karena menawarkan barang-barang yang terbaik dengan biaya terendah. jasa pemasaran internet kaya untuk membayar dividen yang cerdas yang menyesuaikan strategi pemasaran internet yang masuk akal. Internet marketing adalah sarana relatif lebih murah untuk mempromosikan, sebagai mode cetak dan penerbitan yang lebih mahal.
B.6 Kelebihan
Dan Kekurangan Internet Marketing
Kelebihan§
- Tempat kerja yang fleksibel. Kita dapat berbisnis dimana saja selama anda memiliki komputer yang terhubung internet.
- Waktu yang lebih fleksibel. Kita bebas menentukan sendiri jam kerja kita serta tidak lagi terikat dengan jadwal tertentu seperti jika kita bekerja di kantor.
- Penghasilan yang lebih besar. Jika kita adalah seorang pegawai, mungkin pada awalnya kita menjalankan bisnis ini penghasilannya lebih kecil dari gaji kita. Namun jika sudah mahir dan mengetahui cara bisnis internet marketing maka penghasilan kita dijamin lebih besar dari gaji sebagai pegawai.
- Kita hanya perlu modal yang sangat kecil untuk memulai bisnis internet marketing. Bahkan bisa juaga tidak.
Kekurangan§
- Mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet.
- Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapa menjadi hambatan.
- konsumen di internet tidak dapat berinteraksi secara langsung seperti mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian.
- Mengharuskan kita harus siaga 24 jam dalam internet.
Kelebihan§
- Tempat kerja yang fleksibel. Kita dapat berbisnis dimana saja selama anda memiliki komputer yang terhubung internet.
- Waktu yang lebih fleksibel. Kita bebas menentukan sendiri jam kerja kita serta tidak lagi terikat dengan jadwal tertentu seperti jika kita bekerja di kantor.
- Penghasilan yang lebih besar. Jika kita adalah seorang pegawai, mungkin pada awalnya kita menjalankan bisnis ini penghasilannya lebih kecil dari gaji kita. Namun jika sudah mahir dan mengetahui cara bisnis internet marketing maka penghasilan kita dijamin lebih besar dari gaji sebagai pegawai.
- Kita hanya perlu modal yang sangat kecil untuk memulai bisnis internet marketing. Bahkan bisa juaga tidak.
Kekurangan§
- Mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet.
- Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapa menjadi hambatan.
- konsumen di internet tidak dapat berinteraksi secara langsung seperti mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian.
- Mengharuskan kita harus siaga 24 jam dalam internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar